Bagaimana Pengacara Arbitrase Membantu Menyelesaikan Sengketa Bisnis Anda

Bagaimana Pengacara Arbitrase Membantu Menyelesaikan Sengketa Bisnis Anda
Apa itu pengacara Arbitrase?

KakaKiky - Sidang arbitrase dapat dijalankan demi mencari solusi atas kasus perdata di luar pengadilan umum. Adapun pengacara arbitrase dibutuhkan oleh para pelaku bisnis untuk membantu menyelesaikan sengketa tersebut.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Lantas, bagaimana cara seseorang yang berprofesi sebagai pengacara arbitrase dalam penyelesaian sidang terkait? Artikel ini membahas definisi pengacara arbitrase, bantuan yang diberikan untuk pihak yang meminta didampingi, dan peran Hukumku yang bisa membantu Anda menemukan para pengacara profesional.

Apa Itu Pengacara Arbitrase?

Arbitrase merupakan salah satu langkah non litigasi dalam penyelesaian sengketa perdata. Aturannya tertulis dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa atau UU AAPS.

Adapun pengacara arbitrase merupakan pengacara yang secara khusus memberikan nasihat hukum dalam penyelesaian sengketa jalur arbitrase. Dengan begitu, masalah bisnis maupun perdagangan ditinjau oleh mereka tanpa harus menjalankan forum pengadilan.

Berhubungan dengan itu, pengacara dapat membantu para pelaku bisnis untuk menyelesaikan kasus di depan arbiter (arbitrator). Sementara arbiter ini dapat kita sebut sebagai hakim di dalam sidang arbitrase.

Secara khusus pengacara arbiter akan memberikan nasihat, membantu penyusunan dokumen, dan mengadakan analisis. Adapun representasi terhadap dokumen dan bukti-bukti sengketa nantinya disampaikan di hadapan arbiter.

Bagaimana Pengacara Arbitrase Membantu Menyelesaikan Sengketa Bisnis Anda?

Bagaimana Cara Pengacara Arbitrase Menyelesaikan Sengketa Bisnis
Cara menyelesaikan sengketa bisnis

Pembahasan di atas sekiranya sudah memberi gambaran umum terkait peran pengacara arbitrase dalam arbitrase. Berikut ini penjelasan langkah-langkah yang diambil pengacara arbitrase dalam membantu klien menyelesaikan sengketa.

1. Penyusunan Dokumen

Sebagai langkah pertama, penyusunan dokumen tertentu diperlukan untuk menjadi bukti ataupun syarat teknis pendaftaran sidang arbitrase. Misalnya surat Permohonan Mengadakan Arbitrase, di mana harus terdapat dasar hukum tertentu.

Pengacara dapat andil dalam pencarian dasar hukum, memperjelas rincian masalahnya, sampai mengusulkan tuntutan yang sesuai. Setelah berbagai dokumen siap dan diserahkan ke BANI, pengacara arbitrase bisa melanjutkan konsultasi.

Apabila anda ingin tahu dokumen apa saja yang perlu disiapkan, anda bisa membaca artikel dari Hukumku yaitu dokumen untuk sidang arbitrase.

2. Memberikan Nasehat Hukum

Konsultan hukum atau pengacara arbitrase dapat memberikan berbagai nasehat hukum kepada para kliennya. Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, misalnya terkait dasar hukum dan rincian masalah yang dilanggar.

Bukan hanya itu, pengacara arbitrase juga berperan menyampaikan pendapatnya terkait masalah yang sedang disengketakan. Penyelesaian sengketa jadi dapat berlangsung jelas, baik secara dasar, penyampaian, sampai proyeksi akhirnya.

3. Mendampingi dan Merepresentasikan Pendapat

Pengacara arbitrase dapat datang ke pertemuan sidang arbitrase tertutup yang telah menghadiri seorang arbiter. Adapun alasan kedatangan penasehat hukum dalam langkah ini adalah mendampingi kliennya.

Selain hadir di sana untuk mendampingi, penasehat hukum juga ditugaskan untuk menyampaikan pendapat terkait penyelesaian sengketa. Istilah ini disebut sebagai representasi, diungkapkan sesuai dokumen bukti terkumpul dan dasar hukum (jika ada yang dilanggar).

Bagaimana Hukumku Membantu Anda dalam Mendapatkan Pengacara Arbitrase?

Aplikasi Hukumku bantu mendapatkan pengacara Arbitrase
Pengacara Arbitrase di aplikasi Hukumku

Anda yang mengalami permasalahan bisnis maupun perdagangan bisa menggunakan layanan Hukumku untuk menemukan pengacara arbitrase. Namun sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Hukumku di Google Playstore atau Appstore.

Hukumku menyediakan jasa pengacara arbitrase yang terpercaya serta komprehensif. Anda nantinya bisa berkomunikasi terkait penyelesaian sengketa dengan para pengacara arbitrase kompeten.

Selain itu, Hukumku juga akan membantu Anda untuk bisa memastikan kepatuhan hukum. Kemudian mengoptimalkan strategi penyelesaian yang paling sempurna terkait kasus tersebut.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa pengacara arbitrase merupakan penasehat hukum yang digunakan jasanya dalam sidang arbitrase. Tugasnya mencakup penyusunan dokumen, memberikan nasehat, dan mendampingi klien.

Anda yang ingin dibantu dalam menyelesaikan sengketa bisnis dapat mengunduh aplikasi Hukumku. Ayo segera download Hukumku untuk menemukan para pengacara arbitrase profesional.