Tampak Berkesan, Cari Tahu Cara Membuat Company Profile

Tampak Berkesan, Cari Tahu Cara Membuat Company Profile
Cara membuat company profile yang profesional

KakaKiky - Sebuah perusahaan yang ingin terlihat profesional dan menarik bagi calon klien atau investor perlu memiliki company profile yang baik. Cara membuat company Profile sebenarnya tergolong gampang-gampang susah.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Mengenal Lebih dalam Mengenai Company Profile

Company profile adalah dokumen yang berisi informasi penting mengenai perusahaan, mulai dari sejarah, visi-misi, produk atau layanan, struktur organisasi, sampai dengan prestasi yang sudah diraih.

Dengan company profile yang dirancang dengan baik, perusahaan dapat memperkenalkan dirinya secara efektif dan menarik minat pihak-pihak yang berkepentingan. Lalu, bagaimana cara membuat company profile yang tampak berkesan? Simak ulasannya berikut ini.

Profil perusahaan (Company Profile) adalah dokumen yang berisi informasi dan deskripsi tentang sebuah perusahaan atau organisasi. Elemen-elemen yang biasanya terdapat dalam sebuah profil perusahaan mulai dari visi misi hingga logo.

Cara Membuat Company Profile

Cara Membuat Company Profile
Tips membuat company profile

Bagi Anda yang tidak ingin ribet melakukan pembuatan company Profile sebaliknya memanfaatkan keberadaan jasa buat company profile. Namun jika ingin menciptakan sesuai selera, Anda bisa memanfaatkan cara membuat company profile berikut ini:

1. Singkat dan Padat, Informasi Inti

Dalam menyusun company profile, hindari terlalu banyak detail dan basa-basi. Fokuskan pada penyampaian informasi inti perusahaan secara ringkas dan efisien. Cukup gunakan 1-2 halaman saja untuk memaparkan profil perusahaan.

Pembaca umumnya hanya membaca sekilas, jadi buatlah isinya padat dan mudah dicerna. Begitu juga jika membuat company profile dalam bentuk video, pastikan durasi yang tidak terlalu panjang agar audiens tetap fokus. Jangan boros kata atau bertele-tele lantaran membuat klien malas melanjutkan ke poin-poin inti.

2. Langsung ke Pokok Persoalan

Jangan bertele-tele dalam menyampaikan informasi, melainkan langsung masuk ke pokok permasalahan. Tujuannya agar pembaca bisa dengan cepat menangkap esensi dari company profile yang disajikan.

Pilih gambar, kata-kata, serta judul yang menarik perhatian. Buatlah judul-judul yang menonjolkan informasi penting bagi pembaca. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu formal atau baku lantaran cenderung membuat pembaca merasa bosan.

3. Informasi Akurat dan Terpercaya

Cara membuat company profile harus mencantumkan data valid dan terpercaya. Hal ini penting untuk membangun kepercayaan pembaca terhadap perusahaan. Jangan terjebak dalam janji-janji palsu atau melebih-lebihkan kemampuan perusahaan.

Tetap sampaikan fakta apa adanya agar perusahaan dapat dipercaya. Hal ini tentu jauh lebih baik lagi jika disertai dengan sejumlah bukti-bukti atau biasanya diupayakan dengan keberadaan portofolio.

4. Selalu Terkini

Informasi yang disajikan dalam company profile harus selalu up to date. Jangan sampai terjadi isi brosur tidak lagi sesuai dengan kondisi terkini perusahaan, misalnya promo yang sudah berakhir. Jika perusahaan tidak rajin update tentu klien akan terkecoh dengan kompetitor yang jauh lebih sering memperbarui informasi.

Atur pembuatan company profile secara berkala, misalnya 6 bulan sekali atau saat ada perubahan signifikan. Sertakan pula kontak yang bisa dihubungi untuk informasi terbaru. Manfaatkan teknologi AI sebagai salah satu satu alat meningkatkan kecanggihan informasi.

5. Tampilan Kreatif dan Profesional

Agar company profile tidak terkesan biasa saja, buatlah tampilan yang kreatif dan menarik. Gunakan kombinasi bahasa verbal dan visual yang apik. Tujuannya agar brosur dapat membangkitkan minat, perhatian, serta kesan positif dari pembaca.

Tampilan yang profesional akan meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Hindari menggunakan tampilan warna yang mencolok atau berlebihan lantaran membuat pembaca malas melihat situs berisi profil perusahaan Anda.

Elemen dalam Company Profile

Elemen dalam Company Profile
Company Profile by Berdikari Media

Menyusun company profile yang menarik dan informatif adalah kunci untuk memperkenalkan perusahaan Anda kepada khalayak. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, pastikan Anda mengisi konten company profile dengan komprehensif. Berikut adalah elemen-elemen penting yang perlu diperhatikan:

1. Sampul Depan (Wajib)

Bagian ini merupakan halaman pertama yang akan dilihat pembaca. Pastikan sampul depan mencantumkan nama perusahaan dengan jelas. Pembuatan sampul sebaiknya juga memperhatikan nilai estetika agar menarik perhatian banyak orang.

2. Kata Pengantar (Opsional)

Meskipun tidak wajib, kata pengantar dapat menjadi pendahuluan yang baik untuk menyampaikan maksud dan tujuan penyusunan company profile. Kata pengantar biasanya berisi sedikit latar belakang dan keunggulan serta permintaan kritik dan saran.

3. Tentang Kami

Bagian ini berisi informasi lengkap mengenai perusahaan, seperti sejarah, bidang usaha, serta pencapaian yang telah diraih. Hal ini juga menjelaskan seputar poin-poin yang berpotensi dijadikan sebagai pertanyaan oleh sebagian pihak.

4. Visi dan Misi (Opsional Namun Penting)

Mencantumkan visi dan misi perusahaan dapat mencerminkan nilai-nilai dan tujuan perusahaan secara jelas. Setiap perusahaan sudah pasti mempunyai visi dan misi berbeda yang dapat dijadikan acuan dalam menjalankan pelayanan produk ataupun jasa.

5. Produk atau Jasa

Bagian ini memuat deskripsi rinci mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Poin ini memaparkan sejumlah keunggulan yang ditawarkan pada produk tersedia. Bahkan jika perusahaan menawarkan jasa juga disertai fasilitas yang akan disediakan.

6. Keunggulan Perusahaan (Opsional Namun Penting)

Fitur atau keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan dapat menjadi daya tarik bagi pembaca. Poin ini menjadi indikator yang sangat penting dan wajib dipertimbangkan lantaran mempengaruhi ketertarikan dari pihak klien. Semakin banyak keunggulan perusahaan maka besar potensi memikat hati calon klien.

7. Pengalaman Perusahaan (Opsional)

Memaparkan pengalaman dan rekam jejak perusahaan dapat menambah kredibilitas di mata pembaca. Meskipun bersifat opsional poin ini juga tidak kalah penting. Cara membuat company profile dengan mencantumkan pengalaman bisa disajikan dalam bentuk portofolio.

8. Galeri Foto (Opsional)

Meskipun tidak wajib, pencantuman galeri foto dapat membantu pembaca memvisualisasikan aktivitas atau produk yang ditawarkan. Hal ini dapat menambah daya tarik brosur. Sama halnya dengan portofolio, galeri menjadi bukti autentik yang menunjuk kepuasan dari pelanggan atas jasa ataupun produk milik perusahaan.

9. Daftar Klien (Opsional tapi Penting)

Mencantumkan daftar klien yang telah bekerjasama dengan perusahaan dapat menjadi nilai tambah. Sertakan logo klien untuk meningkatkan kredibilitas. Daftar klien dicantumkan dengan tujuan untuk menarik perhatian klien agar mau menjalin kerja sama.

10. Informasi Kontak (Wajib)

Bagian ini harus mencakup informasi kontak perusahaan, seperti nomor telepon, email, faksimili, dan alamat. Tempatkan informasi ini di cover belakang brosur. Informasi ini berguna untuk kemudahan pihak klien menghubungi Kamu jika membutuhkan layanan produk atau jasa yang ditawarkan.

11. Informasi Tambahan (Opsional)

Jika masih ada informasi penting lainnya, seperti peralatan, struktur organisasi, atau legalitas perusahaan, dapat ditambahkan pada bagian akhir brosur. Informasi tambahan berisi sejumlah hal yang berpotensi ditanyakan namun dirangkum dalam satu bagan.

Cara membuat company profile sebenarnya sangat mudah jika Anda menerapkan sejumlah tips di atas. Gunakan sejumlah platform dan teknologi terkini untuk mendapatkan hasil company profile menarik. Usahakan membuat company profile menarik lantaran mempengaruhi jumlah klien yang akan menjalin kerja sama.

Namun, kalau Anda tidak punya waktu sendiri membuat company profile, Anda bisa menyerahkan kepada jasa digital agency, salah satunya bisa di Berdikari Media. Disana menyediakan layanan jasa pembuatan company profile profesional, mulai dari penyusunan materi dan desain. Jadi Anda tinggal terima jadi aja.