Klaim Allianz Reimburse Dan Cashless, Mana Yang Lebih Baik?

Klaim Allianz Reimburse Dan Cashless

KakaKiky - Banyak nasabah asuransi yang terbantu dengan adanya fasilitas klaim Allianz secara online. Karena memang memungkinkan kemudahan untuk menikmati manfaat dari asuransi tersebut. Di Indonesia jumlah perusahaan asuransi semakin lama jadi semakin banyak, hal ini disebabkan karena permintaan asuransi juga terus bertambah dari waktu ke waktu. Namun harus benar-benar selektif dalam memilih sehingga tidak menyesal.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Klaim Berbasis Reimburse

Khusus untuk produk asuransi kesehatan memang memiliki banyak sistem klaim, salah satunya yang mungkin sudah tidak asing bagi Anda adalah klaim asuransi secara reimburse. Ini adalah prosedur klaim asuransi yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, karena dapat digunakan di semua rumah sakit, asalkan masih termasuk kedalam wilayah perlindungan atau proteksi asuransi. Adapun beberapa hal terkait dengan jenis asuransi dengan klaim secara reimburse ini, diantaranya adalah:

  1. Harga preminya murah, klaim reimburse ini menjadi primadona karena secara premi memang cukup terjangkau, bahkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan produk asuransi yang menggunakan sistem claim secara cashless, sehingga cocok untuk yang keuangannya terbatas.
  2. Dapat dipakai untuk semua rumah sakit, berbeda dengan klaim secara cashless yang hanya dapat digunakan di rumah sakit tekanan perusahaan asuransi saja, maka klaim yang dilakukan secara reimburse ini pengajuan klaimnya dapat dilakukan di rumah sakit rekanan, maupun di luar rekanan perusahaan asuransi. Namun tetap dalam wilayah cakupan asuransi.
  3. Sistem klaimnya lebih panjang, faktanya sendiri dalam klaim secara reimburse ini tata caranya relatif lebih panjang, karena peserta asuransi tidak dibekali dengan kartu kepesertaan asuransi. Sehingga setelah menjalani pengobatan dan juga membayar tagihan, baru bisa mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi, tentunya dengan menyiapkan sejumlah berkas yang diminta. Pengajuan klaim yang dilakukan juga tidak ada jaminan langsung approve, karena ada kemungkinan ditolak.

Klaim Berbasis Cashless

Selanjutnya jenis klaim yang kedua adalah klaim Allianz cashless, ini adalah salah satu prosedur klaim asuransi kesehatan yang populer belakangan ini karena dikenal praktis dengan memakai sebuah kartu kepesertaan saja. Mungkin masih banyak diantara Anda yang bingung mengenai tata cara atau prosedur klaim secara cashless, berikut beberapa informasi yang diketahui, yaitu:

  1. Sistem klaim mudah, diantara keunggulan sistem klaim asuransi secara cashless ini tak lain adalah kemudahan caranya, dimana Anda sendiri tidak perlu kemana-mana, cukup hanya dari rumah saja. Langkahnya adalah dengan datang berobat ke rumah sakit rekanan perusahaan asuransi, pastikan untuk membawa kartu kepesertaan tersebut kemudian gunakan pada saat pembayaran, kartu ini memiliki sejumlah limit asuransi yang bisa dipakai untuk berobat.
  2. Nilai manfaat besar, rata-rata limit yang ada di dalam kartu kepesertaan asuransi kesehatan yang klaimnya cashless memang tinggi, yaitu mencapai angka ratusan juta rupiah bahkan sampai dengan milyaran rupiah pertahunnya. Jadi pas untuk mendapatkan fasilitas pengobatan terbaik, termasuk juga untuk kategori penyakit-penyakit kritis.
  3. Hanya dapat digunakan di rumah sakit rekanan, sayangnya sistem klaim secara cashless ini juga punya kelemahan, diantaranya adalah prosedur klaim berbasis cashless tidak dapat digunakan di semua rumah sakit, melainkan terbatas hanya pada beberapa rumah sakit yang sudah tergabung sebagai rekanan. Namun jangan khawatir karena jaringan rumah sakit Allianz ini tidak hanya ada di Indonesia, melainkan juga luar negeri.
  4. Harga premi mahal, sayangnya mungkin kurang cocok untuk nasabah yang kondisi keuangannya terbatas, karena jika dilihat dari segi harga premi, maka produk asuransi kesehatan yang mengandalkan sistem klaim secara cashless memang dihargai dengan premi yang berkali-kali lipat lebih mahal dibandingkan sistem reimburse.

Klaim Allianz banyak caranya, termasuk klaim secara reimburse ini sekarang juga sudah ada yang berbasis digital atau online. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan keuangan masing-masing. Asuransi kesehatan termasuk produk keuangan yang wajib dimiliki oleh setiap orang tanpa terkecuali, baik itu tua, muda maupun yang masih sehat juga harus punya, sehingga ketika sakit sudah tidak perlu lagi mengkhawatirkan akan mahalnya biaya pengobatan, fokus berobat hingga benar-benar sembuh.