Tips Jitu Pilih Jurusan Kuliah S1 Luar Negeri, Simak!

Tips Jitu Pilih Jurusan Kuliah S1 Luar Negeri

KakaKiky - Pusing memikirkan mau kuliah jurusan apa di luar negeri? Jangan buru-buru! 

Kalau sampai salah pilih, kamu enggak bisa belajar dengan nyaman dan berpotensi berhenti kuliah drop out di tengah-tengah perkuliahan. Apalagi sudah jauh-jauh belajar di luar negeri, jadi sayang banget, kan?

{getToc} $title={Daftar Isi}

Nah, artikel ini akan membahas cara memilih jurusan kuliah biar kamu enggak salah pilih. Simak tips lengkapnya!

Tips Memilih Jurusan Kuliah S1 Luar Negeri

Tips Memilih Jurusan Kuliah S1 Luar Negeri

1. Temukan Minat Belajar

Pertama-tama, coba jawab pertanyaan ini:

  • Pelajaran apa yang paling kamu suka di sekolah? 

Pelajaran favorit kamu dan pelajaran yang sering mendapatkan nilai bagus bisa jadi petunjuk untuk menentukan jurusan kuliah. Siapa tahu kamu emang jago matematika, fisika, atau malah lebih suka sejarah dan ekonomi?

  • Adakah hal-hal yang bikin kamu penasaran? 

Enggak cuma pelajaran sekolah, mungkin kamu suka nonton dokumenter tentang alam semesta, atau penasaran banget dengan cara kerja robot. Nah, rasa penasaran ini bisa jadi tanda minat kamu yang sebenarnya.

  • Kegiatan apa yang sering kamu lakukan kalau lagi gabut? 

Hobi kamu bisa jadi petunjuk juga, lho! Suka baca novel? Mungkin jurusan sastra cocok buat kamu. Jangan remehkan hobi, siapa tahu bisa jadi jalan kamu agar sukses di dunia kuliah.

2. Riset Jurusan

Sudah menemukan jurusan yang kamu taksir? Saatnya cari tahu lebih dalam tentang jurusan itu! Mulai dari mata kuliah yang bakal kamu pelajari, prospek kerjanya, hingga kehidupan sehari-hari mahasiswa di jurusan itu.

Biar semakin mantap, coba bandingkan jurusan yang sama di beberapa kampus incaran kamu:

  • Catat kampus-kampus yang punya jurusan incaran kamu. Siapkan juga beberapa pilihan cadangan.
  • Periksa detail program studinya. Berapa lama kuliahnya? Bagaimana kurikulumnya? Mata kuliah apa saja yang akan kamu ambil?
  • Intip peringkat kampusnya di QS World University Ranking. Kamu bisa lihat peringkat kampus-kampus di seluruh dunia. Lumayan, kan, buat menambah referensi sebelum ambil keputusan?

Selain dari internet, kamu juga bisa tanya-tanya mahasiswa atau alumni yang pernah berkuliah di jurusan incaranmu. Siapa tahu, kamu memeroleh informasi yang enggak bisa ditemukan di internet.

3. Tes Minat Bakat

Masih bingung pilih jurusan gara-gara belum tahu apa minat bakatmu? Kamu bisa, lho, ikutan tes minat bakat!

Tes ini membantumu menggali potensi diri yang mungkin selama ini tidak kamu sadari. Banyak pilihan tes minat bakat, baik online maupun offline dari lembaga bimbingan belajar.

Namun, hasil tes minat bakat ini bukan satu-satunya penentu jurusan kuliahmu. Kamu juga harus mempertimbangkan minat belajar, rencana karier, dan kemampuan finansial.

4. Pertimbangkan Biaya Kuliah

Kuliah di luar negeri butuh biaya besar, jadi pastikan kamu sudah pikirkan matang-matang biaya kuliah di jurusan dan kampus incaranmu. Cari tahu biaya semester, biaya per SKS, sama biaya hidup selama di sana.

Ingat ya, biaya hidup di luar negeri bisa jauh lebih mahal daripada di Indonesia. Jangan lupa masukkan biaya tempat tinggal, transportasi, makan, buku, dan pengeluaran lainnya ke dalam perhitungan.

Kalau dirasa berat, tenang aja! Banyak beasiswa yang bisa kamu coba. Ada yang menanggung biaya kuliah secara penuh, ada juga yang hanya sebagian. Rajin-rajin cari info beasiswa di kampus dan negara yang kamu tuju, ya!

5. Konsultasi dengan Mentor

konsultasi dengan mentor

Biasanya, mentor memiliki pengetahuan luas tentang berbagai jurusan dan universitas. Mereka juga bisa bantu kamu bikin rencana studi yang pas dengan minat dan tujuan karier kamu.

Tidak hanya itu, mentor juga bisa kasih saran kegiatan apa saja yang bisa kamu ikuti dari sekarang agar aplikasimu semakin menarik untuk mendaftar kuliah nanti. Kesempatan keterima di jurusan impian jadi lebih besar, deh!

Kalau belum menemukan mentor yang tepat atau bingung mencari mentor di mana, Kobi Education bisa jadi solusi!

Kobi menyediakan program Passion Pilot agar kamu bisa memilih jurusan luar negeri dengan bantuan expert mentor dan Psikolog Pendidikan. Orang tua kamu juga bisa terlibat dalam prosesnya, lho!

Nah, itulah dia tips memilih jurusan kuliah yang harus kamu tahu. Semoga bisa membantu kamu menemukan jurusan yang tepat, ya!