Selain Kantor Polisi, Lapor Penipuan Online Juga Bisa Kesini!

tempat untuk lapor penipuan online selain kantor polisi
Pict From Freepik.com

KakaKiky - Masyarakat Indonesia rata-rata memang sudah mulai aktif dalam menggunakan internet, namun jika dilihat tingkat pertahanan atau kewaspadaan terhadap resiko cyber crime masih sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus penipuan yang terjadi di Indonesia, tidak hanya satu atau dua orang saja yang menjadi korban, melainkan ada banyak, namun sebagian diantaranya tidak mau lapor penipuan online tersebut.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Alasan Rendahnya Kewaspadaan Terhadap Cyber Crime di Indonesia

Alasan Rendahnya Kewaspadaan Terhadap Cyber Crime di Indonesia

Tindak kejahatan di dunia maya memang hal yang cukup umum terjadi, namun karena kurangnya edukasi, maka banyak orang yang tidak melakukan upaya pencegahan. Pengetahuan yang masih terbatas juga menjadi salah satu alasan banyak orang yang enggan untuk melaporkan hal tersebut. Apalagi untuk lapor ke kantor polisi, karena tidak ada yang gratis, agar kasus tersebut segera diproses mau tidak mau ada sejumlah biaya yang harus dibayarkan kepada pihak yang berwajib. Sehingga membuat banyak orang mengikhlaskannya.

Pentingnya Melaporkan Tindak Kejahatan Penipuan Online

pentingnya melaporkan tindak kejahatan dunia maya

Padahal pembuatan laporan penipuan Anda ini penting, sehingga mudah juga untuk mendata kasus kejahatan ini, termasuk juga untuk melakukan upaya pencegahan, yaitu dengan mengedukasi masyarakat mengenai bentuk penipuannya sekaligus juga cara agar terhindar dari hal tersebut. Sebenarnya tidak harus melaporkannya ke kantor polisi, Anda juga dapat lapor penipuan online ke beberapa tempat ini, yaitu:

Rekomendasi Tempat Untuk Melaporkan Penipuan Online

1. Lapor ke Pihak Bank Terkait

Hampir semua bank menawarkan layanan pengaduan dan penindakan jika ada kasus penipuan online, dimana akun penipu tersebut atas nama bank yang bersangkutan. Contohnya saja bank BCA yang punya layanan khusus untuk membantu korban dalam memblokir nomor rekening bank penipu, jika nantinya nomor rekening dari penipu tersebut sudah diblokir, maka nantinya mereka tidak dapat melakukan transaksi keuangan dengan mengandalkan akun tersebut, bahkan juga uang nantinya akan dikembalikan kepada korbannya, jadi Anda bisa mengadukannya. Apalagi jika kasus penipuan semacam korban belanja online bodong yang memang cukup sering terjadi di Indonesia.

2. Lapor kepada OJK

Otoritas Jasa Keuangan atau yang dikenal juga sebagai OJK tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan, ini adalah sebuah lembaga yang mengatur regulasi perusahaan perbankan di Indonesia, khususnya yang bergerak di bidang keuangan. Jika Anda memiliki keluhan layaknya menjadi korban pinjol atau pinjaman online ilegal, investasi bodong dan sejenisnya. Maka alangkah baiknya untuk membuat laporan kesini, dimana pihak dari OJK inilah yang nantinya akan membantu dalam memblokir akun-akun penipu tersebut, pastikan untuk menyertakan bukti yang lengkap.

3. Laporkan lewat Lapor.go.id

LAPOR sendiri merupakan sebuah layanan pengaduan aspirasi masyarakat yang dibuat oleh pemerintah, sehingga resmi dan aman. Anda dapat melakukan pengaduan atas tindak kejahatan yang dialami kesini, jadi jangan khawatir. Akses ke website resminya kemudian buat pengaduan, caranya juga mudah, yaitu dengan mengisi sejumlah kolom yang diminta, kemudian juga menyertakan bukti serta kronologis kejadian atau tindak penipuan tersebut, tunggu nantinya pengaduan Anda diproses, pastinya membutuhkan waktu beberapa hari, apalagi jika pengaduan yang masuk ada banyak, sehingga harus bersabar.

4. Adukan ke BRTI

BRTI sendiri adalah Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, ini merupakan sebuah lembaga yang dimiliki oleh pemerintah sebagai wadah untuk mengadukan penyalahgunaan jasa telekomunikasi baik yang bentuknya pesan maupun panggilan dengan indikasi kasus penipuan. Misalnya sering kali masuk chat atau mungkin panggilan dari nomor tidak dikenal dan ada indikasi penipuan layaknya menang undian berhadiah, mengirim link yang isinya adalah virus ataupun sejenisnya, ini harus segera diadukan agar nomor tersebut dapat diblokir.

5. Laporkan Rekening Penipuan ke Cek Rekening

Cek Rekening adalah website yang memungkinkan Anda untuk melihat atau mengecek nomor rekening yang dimiliki oleh oknum tidak bertanggung jawab, sekaligus juga mengadukannya, agar bisa segera ditindaklanjuti. Bahkan juga membantu dalam pemblokiran nomor rekening dari penipu ini.

Itulah beberapa alternatif atau cara lapor penipuan online, tanpa harus ke kantor polisi, lapor ke tempat yang sesuai agar bisa segera ditindak dengan jelas. Mengingat bagaimanapun sudah pasti penipu ini tidak hanya melancarkan tindakannya kepada satu orang saja, melainkan ada banyak calon korban yang lain, jangan sampai lebih banyak korban yang berjatuhan.