Conversion Rate: Pengertian Dan Cara Meningkatkan
Pengertian dan cara meningkatkan conversion rate |
KakaKiky - Bagi kamu yang memiliki website bisnis online yang melakukan penjualan produk atau e-commerce pasti pernah memiliki permasalahan seperti penjualan produk yang tak kunjung meningkat padahal pengunjung website sudah ramai. Jika kamu memiliki permasalahan seperti ini maka kamu harus mengetahui tentang apa itu conversion rate.
Pada kesempatan kali ini kita akan
membahas tentang Conversion Rate dan CRO atau Conversion Rate Optimization
mulai dari pengertiannya, cara menghitungnya, hingga cara meningkatkan conversion rate agar website
kamu banyak pengunjung dan pembelinya.
Apa itu Conversion Rate?
Conversion rate merupakan jumlah
persentase pengunjung website dari keseluruhan pengunjung yang melakukan suatu
tindakan tertentu yang dapat menguntungkan pemilik bisnis dari website
tersebut. Contoh tindakan yang menguntungkan tersebut adalah banyaknya
pengunjung website yang melakukan pembelian produk, melakukan subscribing,
pengiriman email dan lain sebagainya.
Apa itu Conversion Rate Optimization (CRO)?
Conversion Rate Optimization adalah
suatu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website yang
melakukan konversi seperti pembelian produk dan berlangganan newsletter dengan
memberikan data diri lengkap.
Bagaimana cara menghitung conversion rate?
Menghitung conversion rate sangatlah
mudah, kamu hanya perlu untuk membagi jumlah conversion (pembelian atau langganan) pada satu halaman
website dengan total pengunjung halaman website, kemudian hasilnya dikalikan
100.
Cara menghitung conversion rate
Contohnya bila kamu mengelola website yang
menjual baju online dan di halaman produk baju fashion pria terjadi pembelian
sebanyak 50 kali, sementara total pengunjung pada halaman produk itu sebanyak
1000 orang, maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut:
(50:1000) x 100 = 5%
Berdasarkan perhitungan di atas maka
dapat diketahui bahwa hasil conversion rate pada halaman tersebut adalah
sebesar 5%.
Cara meningkatkan jumlah conversion rate
Tentunya kamu memiliki keinginan untuk
dapat meningkatkan conversion rate yang menunjukkan bahwa kampanye kamu
berhasil. Jika kampanye yang kamu lakukan tidak sesuai hasilnya dengan yang
kamu inginkan maka cobalah untuk menerapkan beberapa tips dan trik meningkatkan
conversion rate di bawah ini.
1. Menggunakan Pop Up
Pop Up adalah bagian website yang akan
muncul pada layar secara tiba tiba berupa jendela kecil dan menampilkan
beberapa informasi. Pop Up dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah
conversion. Cobalah untuk mendesain pop up yang menarik yang berpotensi
menghasilkan conversion yang besar. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu
bagaimana tampilan Pop Up yang menarik.
2. Fokus pada Call To Action (CTA)
Call To Action adalah sebuah item pada
website yang mengarahkan pengunjung untuk melakukan sebuah tindakan. Misalnya
tombol tambahkan ke keranjang atau tombol daftar sekarang. Kamu bisa
bereksperimen dengan tombol CTA untuk meningkatkan conversion rate. Bukan hanya
terkait dengan bentuk CTA nya saja apakah berupa tombol atau teks, namun kamu
juga harus bisa melihat posisi peletakan CTA yang terbaik harus berada di mana.
3. Memudahkan sistem customer service bagi pengunjung
Meskipun detail informasi tentang produk
sudah dijelaskan sebaik mungkin pada website, namun tetap akan ada saja
pengunjung yang masih bertanya dan penasaran terkait produk sebelum akhirnya
mereka memutuskan untuk membeli, oleh karena itu kamu harus menyediakan sistem
Customer Service yang mampu menangani hal tersebut dengan baik.
CS memiliki peranan yang sangat penting
dalam hal ini, oleh karena itu kamu harus membuat cara menghubungi CS mudah
dilakukan oleh pengunjung. Misalkan dengan meletakkan floating button Customer
Service pada sisi ujung kanan bawah website.
4. Lakukan Promosi pada fitur chat bantuan
Pasti kamu pernah melihat hal yang
seperti ini ketika mengunjungi sebuah website e-commerce, yaitu munculnya
promosi tapi dalam bentuk chat pada ujung kanan bawah website. Hal ini juga
bisa kamu terapkan pada website milik kamu untuk meningkatkan conversion rate.
Pengunjung mungkin tidak menyadari adanya promosi menggiurkan, namun dengan
adanya pengingat melalui chat mereka jadi menyadarinya dan langsung
mengeksekusi promo tersebut.
5. Lakukan optimasi pada artikel blog
Bila kamu telah memiliki section blog
pada website bisnis online, maka kamu bisa melakukan optimasi artikel-artikel
yang ada pada blog tersebut. Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah
meletakkan fitur pop up pada beberapa artikel yang memiliki kunjungan paling
banyak.
Optimasi artikel blog menggunakan Optimasi AI
Selain itu kamu juga harus tetap
mengoptimasi artikel-artikel lainnya yang memiliki jumlah kunjungan yang
sedikit agar kunjungannya menjadi meningkat. Untuk optimasi artikel kamu bisa
mencoba sebuah tools yaitu optimasi.ai
yang dapat memberikan kemudahan bagi kamu saat melakukan optimasi artikel.
Optimasi.ai tools untuk optimasi artikel
Dengan menggunakan tools Optimasi AI ini
kamu bisa mencoba fitur keyword research untuk menghasilkan kata kunci yang
memiliki trafik paling banyak. Selain itu kamu juga bisa melakukan analisis dan
audit website sehingga kamu akan tahu bagian mana yang perlu di optimasi.
Apa manfaat Conversion Rate Optimization?
Jika kamu telah melakukan berbagai
optimasi conversion rate yang sudah di jelaskan di atas, maka setidaknya kamu
akan mendapatkan 5 manfaat utama berikut ini:
- Meningkatkan jumlah keuntungan melalui penjualan produk dan langganan
- Memudahkan kamu dalam memahami konsumen
- Mengurangi Cos Per Acquisition (CPA) alias mengurangi biaya kerugian
- Berdampak positif terhadap SEO website sehingga website bisa lebih disukai Search Engine
- Menghasilkan pelanggan yang loyal
Nah sobat, itulah pembahasan lengkap
tentang apa itu conversion rate, conversion rate optimization, cara menghitung,
cara optimasi, serta berbagai macam manfaat dari conversion rate. Semoga
postingan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sudah membaca dari awal hingga
akhir. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di bawah ya! Cukup sekian,
wassalamu’alaikum and Be Prepared!