Cara Mengembangkan Bisnis Anda di Era Digital
KakaKiky - Pemilik bisnis di jaman modern ini memang harus beradaptasi dengan teknologi yang bisa mengembangkan bisnis. Di era digital, ada banyak jenis hal yang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis kita demi mendapatkan tujuan yang kita inginkan.
Tergantung dari tujuan bisnis kita, ada
beberapa hal yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Nah, pada
kesempatan kali ini, kita akan coba untuk mengembangkan bisnis di era digital.
Teknologi apa saja yang bisa digunakan
para pemilik bisnis? Mari kita coba langsung saja bahas secara disini.
Pertimbangan Untuk Cara Mengembangkan Bisnis
Ada berbagai cara dalam pengembangan
sebuah bisnis, salah satunya adalah memanfaatkan teknologi di jaman sekarang.
Go Online (Pemula)
Pertama adalah dengan memiliki
visibilitas secara online dimana ini merupakan cara mudah mengembangkan bisnis
Anda di masa sekarang. Anda bisa memanfaatkan berbagai media seperti website,
media sosial, untuk memperkenalkan produk, layanan, dan bisnis Anda secara
umum. Bidik audiens Anda dengan benar maka teknik ini akan sangat baik untuk
dijadikan sebagai salah satu alat.
Di jaman sekarang ini kita bisa membuat
website dengan beberapa klik saja tanpa harus memiliki pengetahuan coding.
Tentu saja kita tetap harus mempelajari beberapa hal baru, karena memiliki
website saja tidaklah cukup.
Setelah memiliki website maka bisa
memanfaatkan berbagai teknik pemasaran digital seperti contohnya adalah
menggunakan jasa Facebook Ads, instagram, atau bahkan Google Ads untuk menarget
calon pelanggan. Selain itu, kita juga fokus ke cara gratis atau organik dengan
memanfaatkan SEO. Jadi silakan untuk tentukan teknik pemasaran digital yang
sesuai dengan tujuan bisnis Anda.
Gunakan CRM Untuk Manajemen (Intermediate)
CRM atau Customer Relationship ManagementSoftware adalah sebuah sistem yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan data
customer, agar bisa lebih mudah di analisa. Aplikasi CRM ini akan sangat cocok
untuk bisnis retail, dan berbagai bisnis yang berhubungan langsung dengan
customer. Data yang didapatkan dari CRM akan bisa memberikan insight dan
analisa data sehingga bisa digunakan dalam pengembangan bisnis kita
selanjutnya.
Perlu diingat bahwa Aplikasi CRM ini
hanya cocok untuk digunakan oleh bisnis yang sudah berkembang atau paling tidak
bisnis yang memiliki beberapa divisi atau bagian seperti marketing, customer
support, dan sebagainya. Selain itu kekurangan lainnya dengan pengaplikasiannya
juga membutuhkan pelatihan terhadap karyawan kita.
Fokus Kepada Produk dan Layanan (Pemula)
Fokus pada produk dan layanan pemula
Kesalahan dari bisnis yang sangat dasar
dan jarang disadari adalah pemilik bisnis jarang fokus kepada produk dan
layanan melainkan fokus satu sisi saja ke marketing. Bukan berarti marketing
dan pemasaran tidak penting, hanya saja kita juga harus imbangi dengan kualitas
dari produk dan layanan kita.
Coba untuk tanyakan feedback kepada para
pelanggan mengenai produk dan layanan Anda. Apa saja yang mereka suka? Mengapa
mereka menyukainya? Bagaimana produk dan layanan Anda membantu pelanggan Anda?
Dengan feedback ini Anda akan memiliki beberapa list yang bisa digunakan untuk
pengembangan bisnis Anda menjadi lebih baik.
Anda juga bisa menggunakan kompetitor
sebagai salah satu sumber data. Misalnya, Anda bisa mencari tahu apakah bisa
memangkas biaya produksi, cara mereka memasarkan produk, dan sebagainya. Tentu
mempelajari kompetitor adalah salah satu cara terbaik untuk Anda gunakan.
Kesimpulan
Tentu beberapa hal yang ada di atas
hanyalah segelintir tips dan cara pengembangan bisnis yang bisa dilakukan di
jaman digital. Ada banyak cara untuk tetap berkembang paling tidak kita harus
mencoba berbagai cara, melakukan testing, dan testing apa yang terbaik untuk
tujuan bisnis kita sendiri. Selamat mencoba, dan semoga informasi ini
bermanfaat ya? Terima kasih.