Pembahasan Soal Biologi Tentang Ruang Lingkup Biologi Kelas X Semester 1

pembahasan soal biologi tentang ruang lingkup biologi

KakaKiky - Dunia biologi begitu luas dan mendalam, mencakup semua aspek kehidupan yang menakjubkan di planet ini. Sebagai salah satu mata pelajaran fundamental di SMA, Biologi memanggil kita untuk menyelami misteri kehidupan dan bagaimana setiap komponen di dalamnya saling terkait. Di kelas X semester 1, kita akan memulai petualangan ilmiah kita dengan memahami ruang lingkup biologi itu sendiri.

Kunci Jawaban Pertanyaan Tentang Ruang Lingkup Biologi

Postingan kali ini dirancang khusus untuk membantu siswa dalam memahami dan mempersiapkan diri menghadapi soal-soal terkait ruang lingkup biologi. Mari kita mulai eksplorasi kita dan bersiap untuk menyelami keajaiban dunia biologi! Jawaban yang benar ditandai dengan stabilo berwarna biru

1. Hipotesis yang tepat untuk peneletian dengan judul “pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman padi” yaitu …

a. Produksi tanaman padi dipengaruhi oleh pengolahan tanah

b. Pupuk kandang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman padi

c. Tingkat pertumbuhan tanaman padi yang masih muda menentukan produksinya

d. Pupuk kandang dipengaruhi oleh kelembapan udara

e. Pertumbuhan tanaman padi dipengaruhi oleh cahaya, tanah, suhu, dan air

 

2. Perhatikan langkah-langkah metode ilmiah berikut!

1) Pengumpulan data

2) Penyusunan hipotesis

3) Menarik simpulan

4) Merumuskan masalah

5) Melakukan pecobaan

6) Menyusun teori

Berdasarkan uraian di atas, urutan yang benar yaitu …

a. 4-1-5-2-3-6

b. 1-2-3-4-5-6

c. 2-1-5-4-3-6

d. 2-1-4-5-3-6

e. 4-1-2-5-3-6

 

3. Manusia dalam hidupnya sangat bergantung pada alam. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya dikaji dalam cabang ilmu ilmu …

a. Ekologi

b. Ekosistem

c. Genetika

d. Taksonomi

e. Morfologi

 

4. Diantara cabang ilmu berikut yang memiliki bidang kajian paling luas adalah …

a. Zoology

b. Mikrobiologi

c. Mikologi

d. Bakteriologi

e. Virology

 

5. Kunci untuk belajar biologi adalah mempelajari …

a. Materi dan energi

b. Bahan-bahan kimia

c. Kehidupan di sekitar kita

d. Batu-batuan

e. Fosil-fosil makhluk hidup

 

6. Salah satu manfaat mempelajari biologi di bidang pertanian adalah …

a. Meningkatnya hama serangga

b. Penemuan bibit unggul

c. Punahnya tanaman berkualitas rendah

d. Berkurangnya plasma nutfah

e. Matinya tanaman-tanaman langka

 

7. Diantara nama-nama berikut, yang tidak termasuk ilmuan yang berjasa dalam perkembangan ilmu biologi yaitu …

a. Carolus Linnaeus

b. Louis Pasteur

c. Gregor Mendel

d. Galileo Galilei

e. Watson dan Crick

 

8. Berikut ini yang merupakan contoh permasalahan biologi pada tingkat organ adalah …

a. Tercemarinya air sungai

b. Perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan

c. Infeksi usus halus

d. Perkembang biakan virus dalam tubuh makhluk hidup

e. Gangguan system pencernaan

 

9. Sebuah ilmu harus dinyatakan secara jujur atau apa adanya sehingga sebuah ilmu harus bersifat ……

a. Verifikasi

b. Universal

c. Objektif

d. Sistematis

e. Analitis

 

10. Dalam biologi, berbagai keterangan mengenai sel akan mendukung pengetahuan tentang jaringan. Hal ini menunjukan bahwa ilmu biologi bersifat …..

a. Objektif

b. Universal

c. Verifikasi

d. Sistematis

e. Analisis

 

11. Penebangan liar di hutan dan tercemarnya air sungai mengakibatkan berbagai tumbuhan dan hewan yang hidup didalamnya mati. Selain itu, habitat dan struktur tanah dapat rusak serta terjadinya perubahan suhu. Peristiwa tersebut merupakan permasalahan biologi yang terjadi di tingkat …..

a. Komunitas

b. Jaringan

c. Individu

d. Populasi

e. Ekosistem

 

12. Setiap ilmu pengetahuan memiliki objek kajian. Berikut ini yang bukan objek kajian ilmu biologi adalah…..

a. Iguana

b. Putri duyung

c. Dinosaurus

d. Paus

e. Lumba-lumba

 

13. Seseorang mengalami infeksi usus halus adalah salah satu contoh masalah biologi yang terjadi pada tingkat …..

a. Individu

b. Sel

c. Organ

d. Jaringan

e. System organ

 

14. Berikut ini bukan merupakan sikap yang harus dilakukan selama di laboratorium adalah …..

a. Meggunakan semua bahan kimia yang ada di laboratorium

b. Menjaga kebersihan

c. Mengerjakan dengan serius

d. Menjaga ketertiban

e. Fokus pada praktikum

 

15. Ilmu pengetahuan yaitu kumpulan, hukum, prinsip, serta teori yang terbentuk melalui serangkaian aktivitas ilmiah. Suatu pengetahuan dapat disebut sebagai ilmu jika mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali ……

a. sistematis

b. memiliki objek kajian

c. objektif

d. subjektif

e. universal

 

16. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu khusus yaitu …..

a. bioteknologi

b. zoology

c. botani

d. ekologi

e. embriologi

 

17. Dalam suatu ekosistem darat ditemukan tumbuhan yang dominan adalah jenis sukulen. Ekosistem tersebut adalah bioma …..

a. sapana

b. tundra

c. padang rumput

d. taiga

e. gurun atau padang pasir

 

18. Kajian suatu ilmu bisa dibagi menjadi bagian yang lebih rinci untuk memahami berbagai sifat, hubungan, dan peranan dari bagian-bagian tersebut adalah ciri-ciri ilmu yang bersifat ….

a. Sistematis

b. Objektif

c. Verifikatif

d. Universal

e. Analitis

 

19. Di bawah ini yang tidak termasuk objek kajian biologi yaitu …..

a. benda mati

b. manusia

c. tumbuhan

d. hewan

e. mikroorganisme

 

20. Usaha yang dilakukan untuk mendapatkan tanaman kelengkeng yang mempunyai buah manis, tahan hama, dan cepat berbuah bisa dipelajari dalam cabang biologi …..

a. Ginekologi

b. Biokimia

c. Genetika

d. Taratologi

e. Reproduksi

 

21. Biologi memenuhi syarat disebut ilmu, antara lain ….

a. dikembangkan berdasarkan percobaan

b. mempunyai objek dan kajian

c. memunyai metode dan objek kajian

d. mempunyai objek formal dan material

e. mempunyai metode ilmiah

 

22. Objek formal biologi yaitu ….

a. hewan dan manusia

b. makhluk hidup

c. struktur, fungsi, dan interaksi makhluk hidup

d. lingkungan hidup

e. bioma, ekosistem, dan komunitas

 

23. Objek kajian biologi adalah benda-benda yang konkret. Benda konkret yaitu benda ….

a. yang hanya dapat dilihat dengan bantuan alat

b. yang hidup

c. yang dapat ditangkap alat indera

d. yang memiliki nilai ekonomi

e. yang dapat dilihat tanpa alat

 

24. Biologi berkembang dari rumpun atau akar ilmu ….

a. kimia

b. filsafat

c. sosial

d. alam

e. humaniora

 

25. Yang bukan merupakan alasan biologi dikatakan sebagai ilmu adalah ….

a. bermanfaat bagi kehidupan

b. hukum-hukumnya bersifat universal

c. memilikii objek kajian dan metode ilmiah

d. banyak orang yang ingin mempelajarinya

e. dapat dipikirkan secara logika

 

26. Perhatikan tahapan dalam metode ilmiah berikut!

1) melakukan percobaan untuk menguji hipotesis

2) mengajukan hipotesis

3) menemukan permasalahan

4) menarik kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, urutan tahap yang benar yaitu ….

a. IV-III-II-I

b. I-II-III-IV

c. III-I-II-IV

d. I-III-II-IV

e. III-II-I-IV

 

27. Yang bukan merupakan sikap ilmiah yaitu ….

a. berani mengajikan suatu pemecahan masalah dan bertanggung jawab

b. dapat membedakan opini dan fakta

c. mempunyai kepedulian terhadap lingkungan

d. berargumentasi dan bertanya untuk memenuhi keingintahuan diri sendiri

e. dapat berpendapat secara kritis dan ilmiah

 

28. Aristoteles merupakan tokoh dalam sejarah biologi yang mengusulkan teori mengenai asal mula kehidupan yang dinamakan….

a. the origin of species

b. teori biogenesis

c. teori kreasi khusus

d. generatio spontanea

e. teori evolusi

 

29. Kumpulan jaringan dalam makhluk hidup akan membentuk ….

a. individu

b. molekul

c. organ tubuh

d. jaringan epitelium

e. sistem organ

 

30. Sekelompok gajah dalam suatu waktu dan tempat tertentu dinamakan….

a. populasi

b. ekosistem

c. habitat

d. komunitas

e. bioma

 

31. Sekelompok padi, sekelompok burung, sekelompok belalang, jika berkumpul akan membentuk suatu ….

a. perkumpulan

b. habitat

c. komunitas

d. ekosistem

e. bioma

 

32. Manfaat pengelompokan biologi dalam beberapa cabang adalah ….

a. supaya orang paham

b. agar lebih simpel

c. supaya semakin terfokus dan mendalam dalam mengkajinya

d. agar ditemukan banyak hal

e. supaya ditemukan manfaat dari yang dikaji

 

33. Andaikan kalian menginginkan menjadi seorang dokter, salah satu cabang biologi yang harus dikuasai adalah ….

a. botani

b. ekologi

c. briologi

d. anatomi

e. ornitologi

 

34. Cabang biologi yang mempelajari bentuk luar makhluk hidup disebut ….

a. taksonomi

b. morfologi

c. fisiologi

d. anatomi

e. ekologi

 

35. Untuk memperoleh anak sapi dengan inseminasi buatan, dibutuhkan pemahaman dalam cabang biologi, yaitu ….

a. genetika

b. reproduksi

c. biokimia

d. kedokteran

e. peternakan

 

36. Cabang-cabang biologi bagaikan keratan keratan dalam kue lapis, keratan vertikalnya meliputi ….

a. histologi, botani, briologi

b. morfologi, ekologi, sitologi

c. zoologi, botani, mikrobiologi

d. anatomi, botani, fisiologi

e. sitologi, evolusi, mikrobiologi

 

37. Jika ada seseorang ingin mengetahui silsilah keluarganya, maka cabang biologi yang dapat membantunya adalah ….

a. mikrobiologi

b. bakteriologi

c. morfologi

d. anatomi

e. genetika

 

38. Salah satu manfaat biologi dalam bidang pertanian adalah ….

a. pendapatan petani meningkat

b. penemuan bibit unggul

c. pembuatan alat-alat pertanian yang canggih

d. perluasan lahan pertanian

e. peningkatan jumlah hasil produksi

 

39. Penyalahgunaan biologi dalam perang militer antarnegara misalnya ….

a. pandemi sapi gila

b. senjata pemusnah massal

c. penyebaran antraks

d. pandemi flu burung

e. senjata biologi

 

40. Salah satu peran biologi di bidang konservasi adalah pengelolaan sumber daya alam dengan memperhatikan ….

a. pertanian monokultur

b. terpenuhinya kebutuhan manusia

c. peningkatan daya guna hutan

d. terjaganya kelestarian flora dan fauna

e. kelestarian sumber air

 

41. Biologi berasal dari bahasa yunani yaitu bios yang berarti ...

a. tumbuhan

b. Ilmu

c. Kajian

d. Hidup

e. Perkembangan

 

42. Ruang lingkup biologi yang paling mendasar adalah ...

a. Molekul

b. Sel

c. Jaringan

d. Biosfer

e. Organisme

 

43. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur adalah ...

a. Evolusi

b. Virologi

c. Entomologi

d. Botani

e. Mikologi

 

44. Abdul sedang melakukan pengamatan terhadap kupu-kupu yang baru ia tangkap lalu ia jadikan koleksi dalam insektariumnya, cabang ilmu biologi yang berhubungan dengan kegiatan Abdul yaitu ...

a. Mikrobiologi

b. Ornitologi

c. Genetika

d. Entomologi

e. Sitologi

 

45. Kumpulan dari individu-individu yang sejenis disebut ...

a. Bioma

b. Organisme

c. Komunitas

d. Populasi

e. Ekosistem

 

46. Singa memburu zebra untuk dimakan, hal tersebut merupakan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...

a. Tumbuhan dan berkembang

b. Reproduksi

c. Membutuhkan nutrisi

d. Respirasi

e. Adaptasi

 

47. Kemampuan individu dalam menyesuaikan diri terhadap lingkunganya merupakan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...

a. Ekosistem

b. Adaptasi

c. Anatomi

d. Predasi

e. Mimikri

 

48. Langkah awal dalam metode ilmiah yaitu ...

a. Identifikasi permasalahan

b. Melakukan eksperimen

c. Menganalisis data

d. Observasi

e. Merancang eksperimen

 

49. Santoso akan melakukan transplantasi ginjal. Ginjal dikaji pada organisasi kehidupan pada tingkat ....

a. Individu

b. Sel

c. Organ

d. Jaringan

e. Sistem organ

 

50. Deskripsi hasil pengamatan objek biologi yang memakai indra pengelihatan misalnya yaitu ...

a. bau dan warna

b. bau dan rasa

c. warna dan rasa

d. bentuk dan ukuran

e. tekstur dan ukuran

 

Nah sobat, cukup sekian pembahasan soal tentang ruang lingkup biologi kali ini, semoga bermanfaat ya! Jika kalian memiliki kendala ataupun pertanyaan, silahkan komen di bawah ya! Saya pasti akan segera membantu!