Fakta Pramuka - 14 Agustus Bukanlah Hari Ulang Tahun Pramuka! Mengapa?


KakaKiky - Ternyata masih banyak kakak kakak Pramuka yang salah kaprah dengan hal sepele yang satu ini. Masih banyak anak Pramuka diluar sana yang menganggap bahwa tanggal 14 Agustus adalah Hari Ulang Tahun Pramuka, Padahal bukan!

Mereka banyak yang menyebutkan bahwa kalau hari ulang tahun Pramuka itu diperingati dan dirayakan setiap tanggal 14 agustus, padahal sebenarnya ini adalah SALAH.

Tahukah kakak kakak kalau sebenarnya dalam Gerakan Pramuka itu tidak dikenal adanya istilah peringatan hari ulang tahun? Yang sebenarnya ada adalah HARI PRAMUKA yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Sejak tahun 1960-an berbagai pihak termasuk pemerintah berusaha untuk menyatukan berbagai macam gerakan kepanduan yang ada di Indonesia, dan puncaknya adalah pada tanggal 20 Mei 1961 dengan terbitnya Keputusan Presiden R.I Nomor 238 Tahun 1961 yang telah menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu satunya organisasi yang ditugaskan untuk menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

Jangan lupa untuk follow blog KakaKiky untuk mendapatkan info, materi, dan fakta menarik seputar Kepramukaan | Klik Disini!

Kemudian, pada tanggal 14 Agustus 1961 dilakukanlah pelantikan Mapinas (Majelis Pimpinan Nasional), Kwartir Nasional, dan Kwarnari oleh Presiden R.I Pertama Ir. Soekarno, lalu dilanjutkan dengan penganugerahan panji panji kepramukaan. Nah tanggal 14 Agustus inilah yang kemudia diperingati sebagai HARI PRAMUKA setiap tahunnya.

Tentang penggunaan istilah HARI PRAMUKA, jelas sekali tertuang dalam Anggaran Dasar (Bab I Pasal 1 Ayat (6)). Tentang ini kita dapat pula membaca sejarah kepramukaan di Indonesia.

Jadi untuk kedepannya jangan salah lagi ya kak! tanggal 14 Agustus itu bukanlah Hari Ulang Tahun Pramuka akan tetapi tanggal 14 Agustus itu adalah Hari Pramuka.

Jangan lupa share artikel ini biar makin banyak Pramuka yang tahu dan tidak salah Kaprah lagi, sekian Wassalamu’alaikum, Salam Pramuka!

1 komentar untuk "Fakta Pramuka - 14 Agustus Bukanlah Hari Ulang Tahun Pramuka! Mengapa?"

Comment Author Avatar
wahh baru tau aku kalau tanggal 14 agustus itu bukanlah ulang tahun pramuka tapi hari pramuka.

Beda tipis sih tapi makna nya sangat berbeda, aku baru tau, keren nih informasinya.